MANAJEMEN PEMASARAN JASA
Pengertian Jasa
Menurut
Philip Kotler (2000), jasa dapat didefinisikan sebagai setiap tindakan atau
kegiatan yang dapat ditawarkan oleh satu pihak kepada pihak lain, yang pada
dasarnya tidak berwujud dan tidak mengakibatkan kepemilikan apapun. Produksinya
dapat dikaitkan atau tidak dikaitkan dengan suatu produk fisik.
Menurut Christopher Lovelock & Lauren
K. Wright (1999), jasa adalah tindakan atau kinerja yang ditawarkan suatu pihak
kepada pihak lainnya. Walaupun prosesnya mungkin terkait dengan produk fisik,
kinerjanya pada dasarnya tidak nyata dan biasanya, tidak menghasilkan
kepemilikan atas faktor-faktor produksi.
Jasa adalah kegiatan ekonomi yang
menciptakan dan memberikan manfaat bagi pelanggan pada waktu dan tempat tertentu,
sebagai hasil dari tindakan mewujudkan perubahan yang diinginkan dalam diri
atau atas nama penerima jasa tersebut.
Mengelompokkan Proses Jasa
Suatu
proses meliputi pengubahan input menjadi output. Terdapat dua kategori besar
dalam proses jasa, yaitu: orang dan objek. Dengan melihat jasa dari perspektif
operasional semata, pemrosesan jasa dapat dikategorikan menjadi empat kelompok
besar, yaitu:
- Pemrosesan orang, meliputi tindakan yang berwujud terhadap tubuh manusia. Contoh jasa pemrosesan orang mencakup transportasi penumpang, pemeliharaan kesehatan, penginapan, dll.
- Pemrosesan barang milik, meliputi tindakan yang berwujud pada barang dan benda fisik lain yang menjadi milik pelanggan. Contoh pemrosesan barang milik adalah pengiriman barang, pengisian bahan bakar, reparasi dan pemeliharaan, dll.
- Pemrosesan perangsangan pikiran, merujuk ke tindakan tidak berwujud yang ditujukan pada pikiran manusia. Jasa dalam kategori ini mencakup hiburan, olahraga tontonan, pertunjukkan teater, dll.
- Pemrosesan informasi, menggambarkan tindakan tidak berwujud yang ditujukan pada aset pelanggan. Contoh jasa dalam kategori ini: asuransi, perbankan, konsultasi, dll.
Perbedaan Dasar antara Barang dan Jasa
Barang dapat dijelaskan sebagai objek fisik atau
peralatan, sedangkan jasa adalah tindakan atau kinerja. Riset-riset terdahulu
terhadap jasa membedakannya dari barang, khususnya dalam empat perbedaan umum,
yaitu: ketidak berwuju dan (intangibility), heterogenitas (atau
variabilitas), output yang tidak tahan lama (perishability of output)
dan kesinambungan produksi dan konsumsi. Pandangan yang lebih mendalam mengenai
perbedaan dasar barang dan jasa adalah sbb:
-
Pelanggan tidak memperoleh kepemilikan atas jasa
-
Produk jasa bersifat tidak berwujud
-
Pelanggan lebih terlibat dalam proses produksi
-
Orang lain dapat menjadi bagian dari produk
-
Adanya keragaman yang lebih besar dalam input dan
output operasional
-
Banyak jasa sulit dievaluasi pelanggan
-
Umumnya tidak mempunyai persediaan
-
Faktor waktu relatif lebih penting
-
Sistem pemberian dapat menggunakan saluran fisik
maupun elektronik.
Manajemen Jasa Terpadu
Manajemen jasa terpadu adalah perencanaan
dan pelaksanaan terkoordinasi kegiatan-kegiatan pemasaran, operasi dan sumber
daya manusia yang penting bagi keberhasilan perusahaan jasa. Ketika membahas
strategi untuk memasarkan jasa, maka yang harus diperhatikan adalah sifat dari
jasa tersebut yang melibatkan berbagai aspek keterlibatan pelanggan dalam
produksi dan pentingnya faktor waktu serta unsur strategis lainnya. Pemasaran
jasa terpadu menggunakan model 8P yang menyoroti delapan variabel keputusan
bagi manajer perusahaan jasa. Kedelapan komponen manajemen jasa terpadu adalah
sebagai berikut:
- Elemen produk, merupakan semua komponen kinerja jasa yang menciptakan nilai bagi pelanggan
- Tempat dan waktu, merupakan keputusan manajemen tentang kapan, di mana dan bagaimana menyampaikan jasa kepada pelanggan.
- Proses, adalah metode pengoperasian atau serangkaian tindakan tertentu, yang umumnya berupa langkah-langkah yang diperlukan dalam suatu urutan yang telah ditetapkan.
- Produktivitas dan kualitas. Produktivitas dapat diartikan sebagai seberapa efisien pengubahan input jasa menjadi output yang menambah nilai bagi pelanggan. Kualitas adalah sejauh mana suatu jasa memuaskan pelanggan dengan memenuhi kebutuhan, keinginan dan harapan mereka.
- Orang, meliputi karyawan atau terkadang pelanggan yang terlibat dalam proses produksi. Banyak jasa bergantung pada interaksi langsung dan pribadi antara pelanggan dan karyawan perusahaan. Sifat dan interaksi ini sangat mempengaruhi persepsi pelanggan terhadap kualitas jasa. Pelanggan sering menilai kualitas jasa yang mereka terima berdasarkan. Penilaian terhadap orang-orang yang menyediakan jasa tersebut.
- Promosi dan Edukasi, adalah semua aktivitas dan alat yang menggugah komunikasi yang dirancang untuk membangun preferensi pelanggan terhadap jasa dan penyedia jasa tertentu. Komponen ini memainkan tiga peran penting, yaitu: menyediakan informasi dan saran yang dibutuhkan, membujuk pelanggan sasaran tentang kelebihan suatu produk dan mendorong pelanggan untuk mengambil tindakan pada suatu waktu.
- Bukti fisik, adalah petunjuk visual atau berwujud lainnya yang memberi bukti atas kualitas jasa.
- Harga dan biaya jasa lainnya, meliputi pengeluaran uang, waktu dan usaha oleh pelanggan untuk membeli dan mengkonsumsi jasa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar